Minggu, 16 Januari 2011

SEDIMENTASI

  • SEDIMENTASI
Setiono (1995) mendefinisikan sedimen sebagai material fragmental yang terjadi pada penghancuran batuan dan bahan-bahan organik yang terendap oleh tenaga air, angin atau es. Pengertian sedimentasi menurut Sampurno (2001), adalah peristiwa pengendapan material batuan yang telah diangkut oleh tenaga air atau angin. Selley (1988), menyatakan sedimen adalah partikel-partikel yang terpancar ataupun yang terkumpul di perairan. Open University Coarse Team (1989), mengemukakan bahwa sedimen merupakan partikel-partikel yang telah mengendap dan mengumpul pada bagian dasar perairan. Sedimentasi dapat dibedakan berdasarkan bahan pembentuk sedimen atau asal sedimen.
Gross (1990), mengemukakan bahwa bahan pembentukan / asal sedimen laut dapat dikelompokan atas empat yaitu :
1.     Lithogenous yaitu sedimen yang berasal dari proses kimia yang mengikis batuan-batuan atau lempengan bumi.
2.    Biogenous yaitu sedimen yang berasal dari sisa atau hancurnya organisme laut, sedimen ini meliputi dua tipe yaitu ; Silliceour dan Biogeneus
3.    Authigeous yaitu sedimen yang berasal dari proses pengendapan oleh reaksi kimia yang pada dasarnya melarut dalam air.
4.    Cosmogenous yaitu sedimen yang berasal dari angkasa luar yang masuk kedalam air.
Sunarto (1991), mengklasifikasikan sedimen laut berdasarkan asal pembentukannya atas dua jenis yaitu :
a.    Sedimen klastik yaitu sedimen berupa batuan lepas dari bahan rombakan.
b.    Sedimen biogenik yaitu sedimen berupa meterial kalsium kabonat dari cangkang organisme.
Sunarto (1991), menyatakan bahwa ada 3 sumber pemasok sedimen pantai yaitu hasil erosi tebing, erosi sungai dan erosi dasar laut. sedangkan Pathick (1992), menambahkan bahwa sedimen pantai berasal dari erosi bibir pantai, erosi tebing pantai, aluvial pasir atau material dari daratan yang terangkut oleh sungai ke laut atau disebut juga dengan istilah sedimen daratan. Partikel sedimen daratan seperti material lempung, pasir dan batuan merupakan material yang 90 % tererosi dari daratan dan terangkut oleh aliran sungai ke laut.

1 komentar: