Senin, 17 Januari 2011

ARUS

  • Faktor Pembangkit Arus
Arus merupakan gerakan mengalir suatu massa air yang dapat disebabkan oleh tiupan angin atau karena perbedaan densitas air laut atau dapat pula disebabkan oleh gerakan bergelombang panjang.
Radiasi matahari merupakan faktor utama yang menyebabkan timbulnya arus laut. Karena adanya pemanasan yang berbeda dari bagian muka bumi, udara di atas muka bumi mengalami tekanan yang berbeda-beda pula, akibatnya angin berhembus dari tekanan tinggi ke daerah yang tekanan rendah. Kalau angin berhembus di atas laut, massa air laut bagian permukaan akan ikut pula terseret, dan timbullah arus laut.
     Faktor-faktor yang mengakibatkan terjadinya arus laut, antara lain : angin, pasang surut, gelombang pecah yang membentuk sudut dengan garis pantai, perbedaan densitas, perbedaan ketinggian muka air lebih lanjut dijelaskan bahwa akibat pemanasan matahari ke permukaan bumi tidak merata menimbulkan :
1.  Perbedaan tekanan atmosfir, akibatnya terjadinya gerakan udara (angin) dari tekanan tinggi ketekanan rendah, dan massa air laut dibagian permukaan bumi ikut pula terseret.
2.   Perbedaan densitas air laut dalam arah horizontal (suhu perairan dimuka bumi tidak sama).
Proses terbentuknya arus laut terbagi atas :
·      Hal yang berkaitan dengan perubahan berat jenis air laut
·      Arus yang secara langsung disebabkan oleh tekanan angin
·      Arus pasang surut disertai dengan gelombang intertidal
·      Arus setempat disebabkan oleh aliran sungai yang masuk ke laut (run off).
·      Arus dan pengangkutan yang disebabkan oleh gelombang gravitasi permukaan.
 Faktor-faktor yang menentukan terjadinya arus dapat dibagi menjadi lima kelompok, yakni : a). Fluktuasi suhu, b). Pengadukan secara konvensional, c). Pengadukan mekanik, d). Aliran massa air, dan e). berbagai faktor dinamis yang biasanya berasal dari kondisi alamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar